Buah Lengkeng, Obat Penenang Alami

Oleh Iyan Kafi, Pada 02.53
Buah Lengkeng
Benarkah buah lengkeng dapat dimanfaatkan sebagai obat penenang alami? Anda tentu tak asing dengan buah yang bernama lengkeng atau kelengkeng. Buah ini merupakan salah satu jenis buah musiman eksklusif yang favorit dan banyak digemari, terutama untuk suguhan bagi para tamu pejabat saat berkunjung ke suatu daerah. Daging buahnya yang tebal dan rasanya yang manis menjadikan buah ini amat baik sebagai sumber energy untuk tubuh. Terlebih faedah buah lengkeng juga amat banyak.

Untuk memenuhi dan mencukupi tingginya kebutuhan terhadap buah ini, lengkeng atau kelengkeng juga kerap dibikin dalam bentuk makanan kaleng atau jadikan sirup. Tanaman lengkeng yang cuma dapat tumbuh baik di dataran yang tinggi serta agak dingin ini juga dikenal banyak faedahnya, baik dari akar, kayu, sampai daunnya. Penduduk China yang populer dengan penyembuhan herbalnya sudah lama memakai tanaman lengkeng sebagai obat.

Kandungan dan Faedah Lengkeng

Buah lengkeng kaya dengan kandungan gizi yang amat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi utamanya yaitu energi, terutama yang berasal dari sukrosa serta glukosa yang menjadikan  buah lengkeng terasa manis. Buah lengkeng juga banyak memiliki kandungan gizi yang lain, diantaranya protein, lemak, vitamin A dan B, serta beragam senyawa yang lain.

Dengan kandungan gizinya tersebut, faedah buah lengkeng adalah untuk menambah nafsu makan, menambah stamina dan daya tahan tubuh, melancarkan proses pencernaan, menangani  dan mengatasi penyakit cacingan, mengobati hernia, keputihan, menguatkan limfa, menambah serta melancarkan sel-sel darah merah. Buah ini juga amat baik untuk melindungi kesehatan mata, kesehatan usus serta menolong penyerapan gizi makanan oleh tubuh.

Tak hanya buahnya, sisi lain dari pohon lengkeng juga bisa digunakan sebagai obat. Daunnya berguna untuk mengobati radang serta mengobati demam tinggi, namun akar pohon lengkeng bermanfaat untuk melancarkan aliran darah serta sebagai peluruh kencing.

Sedangkan biji lengkeng yang berupa bulat hitam juga bermanfaat dalam dunia pengobatan serta kerap digunakan untuk menghentikan pendarahan serta pembasmi rasa sakit. Kandungan saponin di dalam biji buah lengkeng nyatanya juga bermanfaat bagi dunia industry, utamanya untuk pembuatan sampo.

Lengkeng untuk Obat Penenang 

Kandungan mineral serta fitokimia di dalam buah lengkeng juga bermanfaat sebagai penenang serta melindungi kesehatan jantung. Beberapa tabib China biasanya memakai buah lengkeng saat membantu menangani pasien yang mengalami ketegangan saraf, jantung berdebar, ataupun kelainan jantung.

Dalam banyak penelitian juga ditemukan faedah buah lengkeng saat membantu menangani dan mengatasi kegelisahan, sukar tidur, masalah gangguan konsentrasi, dan untuk mengendurkan saraf. Dengan begitu banyak manfaat buah lengkeng, maka buah ini amat baik dikonsumsi oleh para wanita karier, eksekutif, ataupun pekerja keras yang kerap mengalami stress dan ketegangan.

Nah, bila anda tengah stress, gelisah, atau tengah mengalami kelelahan psikis disebabkan pekerjaan yang menumpuk maupun dikejar target, mengapa tidak memakan buah lengkeng ? Buah yang manis ini sangat enak dijadikan sebagai camilan yang fresh ataupun dibikin jus. Manis, fresh, serta dapat menenangkan pikiran tanpa takut ada efek samping, namun tentunya tanpa perlu mengkonsumsi secara berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar


Copyright © 2013-2014 Tips Sehat Bugar - All Rights Reserved

Buah Lengkeng, Obat Penenang Alami