Tips Perawatan Bayi Untuk Ayah

Oleh Iyan Kafi, Pada 11.24

Tips Perawatan Bayi
Anda seorang ayah dan ingin tahu tips perawatan bayi? Mempunyai anak merupakan anugrah terbesar yang di terima pasangan yang berumahtangga. Terlebih waktu merawat serta membesarkannya, kita sebagai orang tua dapat rasakan bagaimana perkembangan bayi dari yang demikian lemah menjelma serta berkembang jadi manusia yang berpikir serta memiliki kehendak serta pilihan dalam hidupnya.

Problem perawatan serta perubahan awal bayi, dengan umum terbagi jadi dua step, yakni step sebelum saat serta setelah berusia 6 bln.. Pembagian ini barangkali lebih didasarkan pada hak eksklusif bayi untuk mendapatkan air susu dari ibunya ( asi ). Periode ini memanglah jadi lokasi kekuasaan sang ibu saat memberikan asi serta perawatannya. Terlebih tubuh bayi tetap cukup peka serta rawan dengan pengaruh di sekelilingnya.

Tetapi sesudah bayi berusia 6 bln., maka dia telah dapat mendapatkan makanan tambahan untuk mencukupi keperluan makannya yang semakin jadi tambah. Disinilah sang ayah bisa mulai turut bertindak dalam pengasuhan serta perawatan anaknya. Terlebih pada waktu ini sang balita lucu kerap menunjukkan polah tingkat yang menggemaskan.

Perawatan Bayi Alami 

Tiap-tiap bayi memiliki ketahanan tubuh alami yang bisa melindunginya dari serangan penyakit. Tetapi ketahanan tubuh bayi ini juga amat bergantung dari pola asuh serta tips perawatan bayi yang dikerjakan orang tuanya. Karena itu tidak sedikit bayi yang alami perubahan tubuh cepat sesudah 6 bln, atau sebaliknya justru kerap sakit-sakitan.

Di antara factor yang memastikan perubahan tubuh serta kualitas kesehatan bayi yaitu konsumsi makanan tambahan yang didapatkan. Tidak sedikit orang tua yang dengan mudahnya berikan beragam makanan tambahan dari product kemasan yang ada dengan instan di beberapa toko swalayan. Dari type susu, bubur, roti, sampai buah-buahan.

Walau sebenarnya pemberian makanan kemasan pabrikasi pada bayi amat tidak baik serta tidak menguntungkan untuk ketahanan tubuhnya di masa datang. Jikalau perubahan fisiknya tampak menggembirakan, tetapi gampang terkena penyakit. Bila telah sakit, umumnya tidak cepat pulih. Oleh karena itu sang bapak bisa bertindak saat membantu membikinkan serta berikan makanan alami yang penuh gizi untuk sang balita lucu.

Perawatan Sesuai Umur Bayi

Berikut sebagian tips perawatan bayi yang dapat anda kerjakan sebagai ayah saat membantu buah hati anda saat mendapatkan konsumsi makanan alami yang menyehatkan serta bergizi tinggi :

  • Sajikan bubur buatan sendiri untuk balita lucu anda. Supaya terasa lebih enak, bubur bisa digabung dengan sayuran maupun ikan laut yang banyak memiliki kandungan gizi serta omega yang amat diperlukan perubahan otak anak. 
  • Pilih makanan dengan kandungan gizi yang diperlukan balita sesuai perubahan umurnya. Untuk step awal, tentukan sayuran serta buah-buahan yang rendah serat atau tidak memiliki kandungan serat, layaknya kentang, wortel, bayam, buncit, apel, pir, pisang, atau pepaya. Sesudah bayi berusia 8 atau 9 bln., sayuran serta buah memiliki serat bisa mulai diberikan. 
  • Untuk sayuran serta buah yang agak padat, baiknya janganlah dimasak tetapi dikukus. Sesudah itu baru diblender. Namun untuk buah-buahan yang lunak dapat segera disuapkan gunakan sendok kecil. 
  • Tidak ada patokan berapakah kali 1 hari anda baiknya berikan makanan untuk buah hati anda. Tetapi yang jelas, saat anak menangis sebagai sinyal lapar, baiknya anda janganlah terlampau lama menunda pemberian asupannya. 
  • Agar balita punya kebiasaan merasakan beragam jenis rasa, campur makanan yang tidak disukai bayi dengan buah atau menu yang lain. Problem rasa sebenarnya lebih merupakan masalah rutinitas saja. Itulah tips perawatan bayi sederhana yang dapat dilakukan sang ayah untuk buah hatinya.

1 komentar:

  1. wah ayah juga perlu tau yah perawatan bagi bayi. coba simak disini juga tips nya http://goo.gl/qp371A

    BalasHapus


Copyright © 2013-2014 Tips Sehat Bugar - All Rights Reserved

Tips Perawatan Bayi Untuk Ayah