Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Oleh Iyan Kafi, Pada 08.58
Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan
Manfaat jamur kuping untuk kesehatan ternyata amat besar dan kandungan gizinya juga snagat tinggi.  Jamur saat ini sudah jadi makanan standar restoran yang amat lezat. Bermacam menu masakan yang melibatkan jamur malah sudah jadi ciri kelebihan satu restoran atau rumah makan.


Jamur kuping (auricularia auricular) biasanya tumbuh liar di pohon tumbang atau batang kayu kering. Tetapi saat ini, sesudah diketahui manfaatnya untuk penyembuhan, jamur ini banyak dibudidayakan dikarenakan banyak diperlukan. Sebanyak hasil penelitian juga menunjukkan manfaat jamur kuping untuk menyembuhkan bermacam penyakit.

Gizi Lengkap Jamur Kuping

Kandungan gizi yang ada dalam jamur kuping terbilang lengkap. Dalam tiap-tiap 100 gram, ada kandungan energi yang cukup tinggi yakni sejumlah 284 kkal, karbohidrat 73 gram, serta protein 9, 25 gram. Namun kandungan mineral utamanya yaitu kalsium sejumlah 159 mg, kalium ( 754 mg ), fosfor ( 184 mg ), magnesium ( 83 gr ), serta natrium ( 35 mg ). Untuk kandungan vitaminnya meliputi thianin, riboflavin, serta niacin. Jamur kuping juga dikenal banyak memiliki kandungan serat serta air. (Bandingkan juga dengan kandungan Buah Anggur Merah)

Dengan beragam kandungan gizi tersebut, jamur kuping kerap jadikan sebagai bahat obatan untuk menangani beragam type penyakit. Salah satunya untuk melancarkan peredaran darah serta menghindar penyumbatan pembuluh darah. Jamur kuping juga digunakan mengobati beragam penyakit kritis, layaknya darah tinggi, stroke, ataupun penyakit jantung.

Manfaat jamur kuping untuk kesehatan juga didapat dari kandungan lendir yang nyatanya amat berguna untuk menangkal racun. Kandungan lendir ini bisa digunakan untuk mengobati tubuh yang alami keracunan. Disamping itu, lendir dalam jamur kuping ini juga kerap dipakai saat mengolah masakan manfaat mencegah racun makanan.

Disamping itu lender jamur kuping juga bermanfaat untuk menghindar serta menangani kanker, menghalangi penggumpalan darah, dan menangani penyakit hipertensi. Lendir ini juga dikenal dapat menangani kolesterol hingga amat baik menghindar beragam penyakit degeneratif.

Cara Mengkonsumsi Jamur Kuping

Untuk mendapatkan manfaat jamur kuping untuk kesehatan, banyak cara yang dapat dikerjakan untuk mengkonsumsinya. Cara termudah yaitu dengan menyajikannya sebagai menu masakan. Tak hanya nikmat, menu sejenis ini juga bisa jadikan makanan obat yang manjur.

Disamping itu, kita lalu bisa bikin ramuan sendiri. Salah satunya lewat cara merebus jamur kuping ke dalam air sampai mendidih. Sesudah itu biarlah airnya tinggal setengahnya. Lantas saring serta minum airnya sejumlah 2 x 1 hari.

Namun perbandingannya, 10 gram jamur kuping dengan lebih kurang 5 atau 6 gelas air. Waktu memasak jamur bisa ditambahkan jahe supaya lebih hangat. Serta waktu memasak, baiknya tidak menggunakan panci yang terbuat dari aluminium maupun besi dikarenakan bisa menurunkan kandungan gizi serta faedahnya. Lebih baik saat memasak menggunakan keramik atau panci yang terbuat dari email. Itulah manfaat jamur kuping untuk kesehatan yang perlu kita syukuri.

1 komentar:


Copyright © 2013-2014 Tips Sehat Bugar - All Rights Reserved

Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan