Tips Pijat Bayi

Oleh Iyan Kafi, Pada 10.42
Tips Pijat Bayi
Pijat bayi merupakan hal penting untuk mengatasi pegel tubuh bayi. Sebab, bayi yang baru lahir sampai berusia 1 tahun, condong cuma dapat lakukan hal yang monoton, yakni terlentang di ranjang atau digendong. Pada periode ini tengah berjalan sistem tumbuh kembang anak terlebih yang menyangkut pembentukan serta penguatan jaringan didalam tubuh, dan koordinasi gerak tubuh bayi. Posisi yang monoton sejenis ini terkadang bikin bayi jadi pegal serta menangis untuk tunjukkan situasi tubuhnya yang kurang nyaman.


Hari-hari bersama bayi anda merupakan waktu yang amat membahagiakan. Terlebih bila bayi anda itu merupakan anak pertama, seluruh perhatian  ibu dapat dicurahkan untuk buah hatinya. Begitupun dengan problem perawatan bayi pastinya dapat jadi momentum yang amat bernilai. Tidak sedikit pengalaman baru dapat anda dapatkan pada seorang makhluk yang bernama manusia.

Manfaat Pijat Bayi

Tetapi tidak jarang orang tua yang bingung dengan situasi ini. Dikira lapar tetapi sesudah diberi asi atau makanan tambahan, tidak kunjung menghentikan tangisnya. Waktu digendong pun terkadang tetap menangis. Disinilah pentingnya pijat bayi dikerjakan. Tujuan pijat pada perawatan bayi ini amat penting, salah satunya :

  • Untuk melenturkan otot serta tubuh bayi dan merangsang perkembangan otot ataupun jaringan tubuh bayi. 
  • Merangsang serta meningkatkan sistem sirkulasi, sistem pencernaan, pernafasan serta denyut jantung, dan sistem kekebalan tubuh bayi
  • Memberikan kenyamanan serta ketenangan untuk bayi saat menghadapi lingkungan yang tidak jarang menyebabkan stress pada bayi. 
  • Untuk berikan dampak psikologis perihal hubungan ibu serta bayi yang penuh perhatian serta kasih sayang. 
  • Dengan memijat serta menyentuh seluruh tubuh bayi dapat berikan pengetahuan yang lebih mendalam perihal situasi serta perubahan bayi. 


Langkah Pijatan Bayi

Pemijatan pada perawatan bayi baiknya dikerjakan saat pagi atau malam di kamar yang hangat. Bikin situasi waktu pemijatan jadi suatu hal yang menyenangkan untuk bayi, layaknya dibarengi ada musik yang lembut. Waktu melakukan pijat bayi baiknya tidak dalam situasi lapar maupun kekenyangan usai makan. Baringkan bayi serta kerjakan komunikasi lisan ataupun dengan tatapan mata waktu pemijatan berjalan.
Namun untuk langkah pemijatan bayi yaitu seperti berikut :

  • Gunakan ujung ke-2 telapak tangan untuk lakukan pijatan. Pijatan dikerjakan dengan lembut dengan tekanan sekedarnya saja. Bila butuh pakai baby oil. 
  • Awali langkah pemijatan dari kening bayi. Tempatkan ujung ke-2 telapan tangan anda dibagian sedang dari kening bayi serta kerjakan pijat bayi ke samping kiri serta kanan dengan berbarengan sampai ke pelipis serta segi samping kepala, serta juga ke sisi pipi. 
  • Setelah itu pijatan dikerjakan ke atas dibagian kepala dengan lembut. Hati-hati apabila menyentuh sisi ubun-ubun bayi yang umumnya tetap berdenyut waktu bayi berusia kurang dari 6 bln.. 
  • Lakukan juga pijatan dibagian bawah mulut bayi gunakan ke-2 ibu jari anda dari sisi tengah ke samping. 
  • Untuk sisi dada, mulai pemijatan dari sedang dada lantas bergerak ke samping kiri serta kanan dari atas ke bawah, seakan membentuk gambar hati. Kerjakan juga pijat bayi di bagian bahu dengan gerakan melingkar. 

0 komentar:

Posting Komentar


Copyright © 2013-2014 Tips Sehat Bugar - All Rights Reserved

Tips Pijat Bayi