Membuat Jus Makanan Sehat Untuk Balita

Oleh Iyan Kafi, Pada 08.25

Makanan Sehat Untuk Balita
Ibu bisa memberikan beragam makanan sehat untuk balita sesudah bayi berusia 6 bln dan telah siap serta membutuhkan makanan tambahan pendamping air susu ibu (ASI). Namun sebaiknya berikanlah makanan dengan variatif untuk mencukupi keperluan gizi bayi. Variasi makanan juga bisa melatih lidah bayi rasakan beragam macam rasa. Jika bayi menampik salah type makanan, campur dengan buah atau sayuran lain yang lebih manis.


Pemberian makanan tambahan juga harus dikerjakan dengan bertahap dikarenakan pencernaan bayi yang tetap lemah. Janganlah terlampau terburu nafsu berikan makanan padat yang justru bisa mengakibatkan diare atau problem pada pencernaan bayi anda. Berikut sebagian yang baiknya anda cermati saat memberikan makanan sehat untuk balita anda.

Bayi 6-7 bulan 

Pada periode ini bayi cuma diberikan makanan dari type buah serta sayuran saja. Step ini lebih untuk mengenalkan lidah serta pengecapan bayi dengan makanan yang masuk. Tentukan buah serta sayuran yang lembut, layaknya papaya, pisang, apel, melon, wortel, tomat, daun bayam, daun kangkung, atau brokoli. Baiknya janganlah berikan makanan berat, layaknya kentang, ubi-ubian, maupun bubur nasi.

Bayi 7-9 bulan 

Pada step ini bayi mulai diperkenalkan dengan makanan yang lebih padat. Untuk mencukupi keperluan karbohidrat bayi pada step ini berikanlah sayuran yang banyak memiliki kandungan pati, layaknya kentang, jagung manis, maupun labu kuning. Sesudah umur 8 bln., anda dapat bikin variasi memberikan bubur nasi.

Namun untuk mencukupi keperluan protein, mineral, serta vit., berikanlah balita anda jus buah, sayuran, kacang-kacangan, ikan laut tanpa duri, serta tempe atau tahu dengan beragam. Tempe serta tahu kaya dengan protein nabati. Pada periode ini, baiknya anda janganlah berikan protein hewani yang berat, layaknya daging ayam atau sapi. Namun untuk buah serta sayuran dapat lebih variatif.

Bayi 9-12 bulan

Pada step ini bayi mulai diperkenalkan dengan makanan yang relatif agak padat, tetapi terus dibikin dalam bentuk bubur atau jus. Bikin menu makanan sehat untuk balita anda dengan lebih variatif lagi. Anda juga bisa mulai berikan makanan sumber tenaga yang datang dari umbi-umbian, hati ayam, serta daging ayam atau sapi.

Saat membuat serta berikan makanan yang sehat untuk buah hati anda, ada banyak hal yang baiknya anda cermati, yakni meliputi :
  • Jangan berikan tambahan gula maupun garam, sekurang-kurangnya sampai anak berusia tahun. Biarlah anak rasakan beragam rasa makanan yang beragam dengan alamiah. 
  • Lemak terus dibutuhkan untuk menolong sistem pencernaan serta penyerapan vit. Oleh tubuh. Tetapi batasi pemakaian makanan berlemak tidak kian lebih 30 %, serta optimal 10 % untuk lemak jemu. 
  • Jangan meniup makanan yang tetap panas dikarenakan bisa menyebarkan radikal bebas serta bibit penyakit ke anak. Biarlah makanan dingin atau hangat terlebih dulu sebelum saat disuapkan pada anak. 
  • Dalam memproses atau menyiapkan makanan sehat untuk balita yang disajikan, baiknya dikukus terlebih dulu sebelum diblender supaya kandungan gizi makanan terus terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar


Copyright © 2013-2014 Tips Sehat Bugar - All Rights Reserved

Membuat Jus Makanan Sehat Untuk Balita