Tips Membuat Bubur Buah Untuk Bayi

Oleh Iyan Kafi, Pada 11.17

Membuat Bubur Buah Untuk Bayi
Anda ingin tahu cara atau tips membuat bubur buah untuk bayi Anda? Perubahan tiap-tiap bayi pasti berlainan. Begitupun dengan kekuatan sang ibu saat memberikan air susunya (ASI) juga berbeda. Hal ini mengakibatkan banyak ibu-ibu yang belum tahu serta kerap mengajukan pertanyaan perihal kemungkinan memberikan makanan bayi umur 5 bln atau sebelum saat berusia 6 bln..

Beberapa dokter serta pakar gizi kerapkali menghimpitkan serta merekomendasikan supaya ibu-bu bisa berikan air susu ibu sekurang-kurangnya sampai bayi berusia 6 bln.. Situasi bayi yang tetap lemah, terlebih pada pencernaannya, tidak baik jika diberikan makanan tambahan sebelum saat waktunya.

Sesungguhnya banyak risiko yang bisa timbul jika bayi dipaksakan mengkonsumsi makanan berat. Salah satunya bayi bisa alami diare serta pastinya dapat mengganggu pencernaannya. Pemberian makanan tambahan sebelum saat waktunya pastinya akan menambah pengeluaran keluarga.

Kondisi ASI Terhambat 

Memanglah, situasi tiap-tiap ibu yang baru melahirkan berlainan. Untuk yang air susu ibunya lancar bukan hanya problem. Tetapi tidak jarang juga ada ibu-ibu yang alami hambatan menyangkut ASI-nya, layaknya tidak keluar atau memanglah tidak diperkenankan diberikan untuk bayinya dikarenakan satu penyakit atau satu karena hal spesifik. Sudah pasti perihal ini mesti diatasi dengan pemberian air susu formula.

Dalam sebagian masalah, momen sejenis ini memanglah terjadi, sehingga sang ibu tak perlu cemas. Walau ASI merupakan susu terbaik dengan beragam kelebihannya, tetapi keperluan bayi mesti terus diberikan. Bila demikian maka sang ibu bisa lihat perubahan bayinya sekurang-kurangnya sampai berumur 4 atau 5 bln.

Cara Membuat Bubur Buah 

Jika memasuki umur 5 bln saja bayi telah menunjukkan peningkatan keperluan pada konsumsi susu formula yang didapatkan, tidak ada salahnya ibu mulai memperkenalkan makanan tambahan. Makanan bayi umur 5 bln baiknya dari type makanan yang sangat halus terlebih dulu, terlebih dari type buah-buahan. Karena itu pada saat ini ibu dapat mempertimbangkan perlunya membuat atau memberikan jus makanan sehat untuk balita ataupun membuatkan bubur buah untuk bayi.

Sebagian type buah yang amat baik untuk diperkenalkan sebagai makanan tambahan bayi salah satunya yaitu buah pisang, papaya, apel, pir, maupun melon. Buah-buahan ini kaya dengan kandungan gizi yang terbilang lengkap. Layaknya zat karbohidrat sederhana, protein, serta lemak baik yang bagus sebagai sumber tenaga. Begitupun kandungan mineral serta vitaminnya yang cukup besar, seperti kalsium yang amat baik untuk perkembangan tulang serta gigi, zat besi, fosfor, vit. A, b1, b2, serta vit. C.

Terlebih jika bayi telah dapat menyesuaikan pencernaannya dengan buah-buahan tersebut, tidak ada salahnya ibu berikan tambahan makanan sumber karbohidrat yang lain, layaknya wortel, kentang, serta bermacam type sayur-sayuran.

Untuk membikin bubur buah untuk bayi yang halus dengan bahan-bahan itu, maka kentang, wortel, ataupun sayuran yang lain mesti dimasak dengan dikukus terlebih dulu. Langkah ini dapat menjaga kandungan gizi terus terjaga daripada dimasak dengan air.. Sesudah itu diblender sampai lembut atau disaring. Janganlah sekali-kali berikan tambahan gula, garam, maupun rasa pedas pada makanan tambahan bayi.

Untuk step awal, baiknya menu makanan sehat bayi umur 5 bln ini diberikan sekurang-kurangnya sekali 1 hari. Namun jika bayi terlihat tetap lapar, dapat diberikan buah-buahan yang lebih mudah, layaknya papaya, melon, maupun apel. Tetapi, sekali lagi, type makanan tambahan ini baiknya selalu disesuaikan dengan kemampuan dan perubahan bayi. Jika tidak ditemukan adanya gangguan atau kelainan pada perut atau pencernaan anak berarti anak dapat menyesuaikan terhadap makanan bubur buah untuk bayi tersebut.

1 komentar:


Copyright © 2013-2014 Tips Sehat Bugar - All Rights Reserved

Tips Membuat Bubur Buah Untuk Bayi