Waspadai Bahaya Suplemen Makanan

Oleh Iyan Kafi, Pada 14.29

Sebaiknya Anda mengenal bahaya suplemen makanan dan berhati-hati sebelum mengkonsumsi suplemen. Suplemen makanan merupakan type makanan instan buatan pabrik yang dikemas dalam bentuk tablet, pil, kapsul, serbuk, maupun cairan. Dibanding nutrisi yang ada dalam makanan alami yang relatif kompleks, nutrisi suplemen condong berbentuk sederhana. Nutrisi yang ada dalam suplemen ditambahkan dalam kemasan itu sebagai makanan tambahan untuk orang yang alami kekurangan atau memerlukan unsur gizi spesifik.


Suplemen vit. C dosis tinggi, contohnya, dibikin dengan spesifik serta cuma diisi kandungan vit. C dengan dosis tinggi. Dikarenakan karakter vit yang dimaksud juga dengan asam askorbat ini gampang larut dalam air, maka dibikin dengan sintetis dengan kata lain buatan pabrik. Begitupun dengan type suplemen yang lain, layaknya untuk penambah darah, penambah berat badan, ataupun suplemen yang lain, biasanya

Suplemen Komersial 

Problem dan bahaya suplemen makanan memanglah sudah jadi perbincangan lama. Terlebih info perihal sistem pembuatan ataupun kandungan nutrisi yang ada dalam suplemen juga tidak terlampau transparan. Walau pengertian suplemen didefinisikan sebagai makanan olahan yang terbuat dari zat-zat gizi serta non gizi alami serta tidak memiliki kandungan bahan kimia obat, tetapi dalam sistem pembuatannya tidak jarang juga ditambahkan zat tambahan.

Sebagai sesuatu produk komersial, suplemen makanan tidak ubahnya dengan produk-produk makanan olahan dalam kemasan yang juga banyak beredar. Dalam pembuatannya, sistem pengolahan dengan penekanan serta suhu tinggi dikerjakan supaya produk dapat dikemas dengan praktis. Sistem sejenis ini sudah pasti dapat menghilangkan beragam nutrisi dan gizi yang ada dalam bahan baku alaminya.

Begitupun dengan suplemen yang beredar di pasaran, ada juga yang memberikan banyak zat tambahan. Manfaatnya, tak hanya supaya terasa lebih enak, juga untuk menambah daya tarik tampilannya, dan pastinya supaya lebih awet. Zat-zat tambahan yang kerap ditambahkan pada suplemen makanan salah satunya yaitu sakarin atau siklamat.

Bijak Mengkonsumsi Suplemen

Sebagai suplemen, makanan type ini sudah pasti merupakan makanan tambahan yang tidak dapat menukar atau mensubtitusi makanan sehar-hari. Begitupun dibanding makanan alami, layaknya buah-buah atau sayuran yang kandungan nutrisinya lebih lengkap serta kompleks sudah pasti lebih dapat mencukupi keperluan tubuh dibanding suplemen.

Karena, para ahli medis ataupun pakar gizi kerap merekomendasikan supaya kita sebagai customer mewaspadai bahaya suplemen makanan dan lebih bijak saat mengkonsumsi nutrisi suplemen. Kita yang tetap berumur dibawah 40 atau 50 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan alami daripada suplemen makanan. Suplemen lebih dianjurkan untuk orang-orang yang sudah berumur lanjut.

Terlebih suplemen makanan juga dibikin terlebih untuk orang yang alami defisiensi gizi spesifik, layaknya kekurangan vit. Maupun mineral. Begitupun untuk orang yang baru saja pulih dari satu penyakit, memerlukan konsumsi vit. Yang semakin besar untuk memulihkan tenaganya. Oleh karena itu, waspadai bahaya suplemen makanan dan ketahuilah keperluan tubuh anda serta bijaklah saat mengkonsumsi suplemen makanan yang diperlukan tubuh.

1 komentar:

  1. Terima Kasih Atas Artikel Suplemen Kesehatannya Min..
    Jangan Lupa Tengok tengok artikelku tentang Suplemen Kesehatan

    BalasHapus


Copyright © 2013-2014 Tips Sehat Bugar - All Rights Reserved

Waspadai Bahaya Suplemen Makanan